Inovasi Pemanfaatan Limbah Kayu sebagai Plakat dari Tim II KKN Undip

Limbah kayu mebel menjadi masalah yang belum teratasi lantaran limbah mebel belum dikelola dengan baik, harga jual limbah kayu pun sangat rendah, yakni 5000/kantong plastik. Mebel menjadi salah satu mata pencarian mayoritas dari warga Desa Tahunan sehingga limbah kayu dari hasil produksi mebel di Desa Tahunan berlimpah. Solusi yang ditawarkan Tim II KKN Undip Desa Tahunan kepada masyarakat dalam menanggulangi masalah limbah kayu mebel yakni dengan memanfaatkan limbah kayu sebagai plakat, maupun accessories lainnya dengan mencampurkan resin. Pelatihan ini dilaksanakan pada Kamis, 8 Agustus 2019 di Taman Wonosari diikuti oleh 45 peserta dari perwakilan warga Desa Tahunan beragam usia, karang taruna, dan sebagainya.

Pelatihan ini diisi dengan materi bahaya limbah kayu mebel dari segi lingkungan dan kesehatan. Selanjutnya, materi pemanfaatan limbah kayu menggunakan resin untuk dijadikan plakat diikuti dengan praktik secara langsung bersama warga Desa Tahunan. Materi penutup pada kegiatan ini adalah Business Model Canvas dengan tujuan membantu organisasi bisnis dan pengusaha pemula untuk memetakan dan melakukan analisa terhadap model bisnis yang ada. Banyaknya pertanyaan dan Antusias warga pada kegiatan ini menambah semangat dari Tim II KKN Undip.

Acara ditutup dengan pemberian plakat dari limbah serbuk kayu campuran resin kepada ketua Karang Taruna, Bapak Tafrikan oleh Ketua Desa Tahunan Tim KKN II Undip dan dilanjutkan foto bersama. Harapan dari kegiatan ini, warga Desa Tahunan dapat lebih produktif dengan pemanfaatan limbah kayu yang memiliki nilai jual tinggi sehingga mampu bersaing dengan competitor lainnya.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan