Lomba Unik Acara Peringatan Hari Kartini 2018

Tahunan – Jum’at (27/4), Warga Tendok Sari Desa Tahunan Kecamatan Tahunan menggelar Lomba Mancing Lele Antar PKK RT Dalam Rangka Memperingati Hari Kartini ke-139 Tahun 2018. Lomba berlangsung 2 jam dimulai pukul 14.30 WIB sampai dengan pukul 16.30 WIB di Sungai Ringin Dukuh Tendok Sari Desa Tahunan. Peserta Lomba adalah Ibu-ibu PKK RT dengan 15 orang perwakilan dari tiap RT.

Ketua Panitia, Sirat mengatakan “Kegiatan kali ini gratis khusus untuk kaum perempuan, lomba dilaksanakan antar kelompok atau RT, pemenangnya adalah kelompok yang mendapatkan hasil ikan lele terbanyak dengan hadiah utama 3 ekor Kambing.” Adapun pancing dan umpan diwajibkan membawa sendiri. “Tiap satu pancing harus menggunakan satu kail,” tambahnya.

Perserta lomba memakai kebaya lengkap berjajar di pinggir sungai sesuai nomor urut undian masing-masing kelompok. Salah satu peserta lomba, Ulfah mengatakan “Walaupun memancing dengan memakai kebaya, ibu-ibu sangat bersemangat dalam mengikuti kegiatan ini. Padahal kebanyakan peserta belum memiliki pengalaman memancing sebelumnya. Saya pribadi berharap kegiatan-kegiatan positif seperti ini bisa terus diadakan setiap tahunnya walaupun dengan materi yang berbeda.”

Penghitungan hasil lomba tiap-tiap kelompok dilakukan langsung dan terbuka disaksikan perserta lomba maupun penonton yang hadir. Juara 1 dimenangkan oleh kelompok RT 4 RW 6 dengan total 86 ekor lele. Juara 2 oleh kelompok RT 5 RW 6 dengan total 81ekor lele. Juara 3 oleh kelompok RT 5 RW 4 dengan total 65 ekor lele. Ketiga kelompok tersebut mendapatkan hadiah masing-masing 1 ekor kambing. Sedangkan juara harapan 1, 2, dan 3 mendapatkan hadiah masing-masing 2 ekor ayam.

Kegiatan Lomba Mancing Lele di Sungai Ringin Tendok Sari bukan kali pertama diadakan, kegiatan lomba macing lele dalam rangka hari kartini ini merupakan kegiatan yang ketiga. Yang pertama dilaksanakan pada tanggal 30 Maret 2018 dengan jumlah peserta 260 orang. Selanjutnya dilaksanakan pada tanggal 13 April 2018 dengan jumlah peserta 330 orang.

Kegiatan lomba mancing lele untuk masyarakat umum juga akan diadakan kembali dalam waktu dekat. “Lomba mancing lele untuk masyarakat umum akan kembali dilaksanakan hari jum’at tanggal 11 Mei 2018, dengan biaya pendaftaran Rp 35.000,- dan total hadiah 8 kambing”, ungkap Sirat selaku ketua panitia.

 

About tahunan-jepara 48 Articles
Tahunan adalah salah satu Desa di Kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara Provinsi Jawa Tengah.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan