Musrenbangdes 2019

Musrenbangdes2019

Tahunan || Jumat 18 Januari 2018, Kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) Tahun 2019 untuk penyusunan Rencana Kegiatan Pembangunan (RKPDes) Desa Tahunan Tahun 2020.

Musrenbangdes merupakan satu bagian penting dalam proses perencanaan pembangunan desa. Perencanaan pembangunan dilaksakanan dengan berpedoman kepada Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, yang menyatakan bahwa perencanaan Pembangunan Nasional, yang menggunakan lima pendekatan yaitu : (1) Politik; (2) Teknokratik; (3) Partisipatif (4) atas-bawah (top-down); (5) bawah-atas (bottom up).

Musrenbang adalah forum antar Pemangku kepentingan dalam rangka menyusun Rencana Pembangunan Nasional, Rencana Pembangunan Daerah. Pemangku Kepentingan adalah segenap pihak yang terkait dengan pembangunan, dalam hal ini adalah akademisi, dunia usaha, komunitas, pemerintahan dan Masyarakat Desa Tahunan. Maksud dan Tujuan Pelaksanaan Musrenbangdes adalah untuk mempertajam usulan program dan kegiatan prioritas tahun 2020 baik kategori belanja langsung maupun belanja langsung.

Dalam Musrenbangdes 2019 untuk penyusunan RKPD tahun 2019 diputuskan usulan yang akan disampaikan dalam Musyawarah Pembangunan Kecamatan (Musrenbangcam) antara lain :

  1. Usulan APBN
  2. Usulan Provinsi
  3. Usulan Kabupaten

Sedangkan perwakilan dari Desa untuk Musrenbangcam Kecamatan Tahunan adalah :

  1. Maseum (Petinggi/kepala Desa)
  2. Prayitno (Carik)
  3. Mukhlishin (Ketua BPD)
  4. Himawan Fauzie (KPMD)
  5. Sutoyo (Tokoh Masyarakat)
  6. Titik Sulistiyati (FKD)

Dengan selesainya Musrenbangdes 2019 untuk Penyusunan RKPDesa Tahun 2020. Tahapan Selanjutnya adalah membawa usulan-usulan tersebut dalam Musrenbang Kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara.

 

Semoga hasil yang di usulkan tersebut mampu dan dapat tercapai pada tahun 2020.

 

About tahunan-jepara 48 Articles
Tahunan adalah salah satu Desa di Kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara Provinsi Jawa Tengah.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan