Perubahan APBDes 2020

Tahunan || Sesuai dengan arahan Pemerintah Kabupaten dalam Rangka Penanganan dan Penanggulangan Pandemi Covid-19 maka Pemerintah Desa harus menyesuaikan kebutuhan dan juga penganggaran di dalam dokumen APBDes. Kebutuhan ini harus disesuaikan dengan kondisi riil dan kemampuan keuangan desa. Dalam penyusunan Perubahan APBDes ini Pemerintah Desa harus memperhatikan ketentuan-ketentuan yang telah ditetapkan dengan peraturan perundangan baik oleh Bupati, Gubernur, Menteri dan juga Presiden.

Dalam Rangka pencegahan covid 19 di Desa Tahunan, Pemerintah Desa memutuskan untuk megambil beberapa langkah dan tindakan dengan memanfaatkan segala potensi yang ada baik potensi kelembagaan maupun potensi penganggarannya. Oleh karena itu APBDesa Tahun Anggaran 2020 yang telah ditetapkan di bulan Desember 2019 harus diubah lebih awal. Dikatakan perubahan dikarenakan perubahan ini mendahuli siklus perencanaan/penganggaran desa yang biasanya di rubah pada semester kedua tahun berjalan.

Perubahan APBDes ini ditetapkan dengan Peraturan Desa Nomor 3 Tahun 2020 tentang Perubahan atas Peraturan Desa Nomor 4 Tahun 2019 tentang Anggaran dan Pendapatan dan Belanja Desa Tahun Anggaran 2020, sebagaimana siklus dengan perubahan RKPDes dan di ikuti Perubahan Penjabaran APBDes Tahun 2020.

Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa Tahunan Tahun Anggaran 2020 bertambah/berkurang dengan rincian sebagai berikut:

 

Lihat Disini,