Tradisi sedekah bumi (Manganan)

Tahunan – Adat kebudayaan yang beraneka ragam di indonesia khususnya yang ada di Kabupaten Jepara memang sangat beragam, di antara ragam tradisi adat adat kebudayaan yang masih lestari di desa yang ikatan tradisi dan adatnya masih kental. Tradisi sedekah bumi (manganan) di Desa Tahunan dengan corak akulturasi kebudayaan nenek moyang dengan ajaran agama islam. Kegiatan sedekah bumi (manganan) sebagai tradisi peninggalan nenek moyang di tengah-tengah keadaan masyarakat modern nan kritis ini dan juga perkembangan tradisi sedekah bumi (manganan) sebagai tradisi yang masih melekah di masyarakat desa tahunan ini.

Sejarah tradisi manganan ini berasal dari generasi terdahulu, khususnya masyarakat petani yang bersukur atas hasil panen. Perayaan manganan yang di  adakan di punden tendoksari, bertujuan mengucapakan syukur atas karunia Tuhan YME dari hasil panen, memohon agar desanya terhindar dari bencana dan penyakit dan memohon agar panen selanjutnya melimpah.

Masyarakat mewujudkan rasa syukur atas hasil yang dipetik dari jerih payah para petani dengan adanya tradisi mangan yang menyatakan bahwa pandangan manusia terhadap alam disekitarnya diwujudkan dengan  mereka berusaha bagaimana caranya agar alam yang memberinya penghidupan tersebut tidak rusak dan punah dimakan oleh bencana. Sehingga antara manusia dengan lingkungan terjadi ikatan emosional yang timbul oleh karena tindakan tersebut. Lalu nilai religius yaitu selalu bersyukur atas berkah yang telah diberikan Tuhan Yang Maha Esa, selanjutnya yaitu nilau sosial atau kemasyarakatan yaitu memupuk kebersamaan dan semangat gotong royong dengan adanya manganan semua warga desa turut hadir, bertemu dari semula yang belum mengenal hingga saling mengenal tentunya semua warga bergotong royong untuk menyiapkan ritual manganan ini. Lalu dengan di adakan mangangan juga memberi pelajaran saling berbagi berhubungan dengan sikap yang timbul ketika mereka menerima makanan yang telah dibagi adalah rasa bahagia. Apa pun yang telah mereka terima tetaplah menujunjukkan rasa kebahagiaan. Bukan perasaan menggerutu terhadap makanan tersebut karena mereka merasa kemampuan orang berbeda dalam mewujudkan makanan yang ditukarkan dalam acara manganan.

 

About tahunan-jepara 48 Articles
Tahunan adalah salah satu Desa di Kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara Provinsi Jawa Tengah.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan